Friday, July 25, 2008

Ronaldinho milik AC Milan


Rabu, 16/7/2008 | 07:58 WIB

MILAN, RABU - Proses berbelit yang ditaburi isu berbagai macam tentang kepindahan Ronaldinho berakhir sudah. Gelandang Barcelona itu akhirnya benar-benar pindah ke AC Milan. Barcelona dan Milan sudah mencapai kesepakatan transfer dengan harga 18,5 juta euro (sekitar Rp225,4 miliar).

"Semua sudah sepakat. Rabu (16/7), Ronaldinho akan berada di Milan untuk menandatangani kontrak. Dia sudah setuju diikat kontrak sampai 30 Juni 2011," demikian keterangan resmi dari AC Milan.

Perdana Menteri yang juga pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi pun langsung menyatakan kegembiraannya. Bahkan, dia merasa perlu membuat pernyataan untuk meyakinkan publik bahwa Milan memang sudah mendapatkan Ronaldinho.

"Ronaldinho sudah menjadi milik Milan. Galliani sudah menelepon saya untuk memastikan transfer tersebut. Kami segera mengikatnya dengan kontrak. Sekarang, saya harap suporter yang meminta didatangkan Ronaldinho merasa bahagia," tegasnya.

Sebelumnya, Barcelona menyatakan tertarik menjual Ronaldinho ke Manchester City. Sebab, klub Inggris itu berani membayar lebih mahal daripada Milan. Pernyataan itu rupanya membuat Milan terpukulk. Selasa (15/7), Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani langsung terbang ke Barcelona. Dia bertemu Preiden Barcelona, Joan Laporta di sebuah rumah makan. Pembicaraan berjalan lancar dan mereka sepakat mentransfer Ronaldinho ke I Rossoneri.

Barcelona di bawah pelatih Pep Guardiola memang tak menginginkan Ronaldinho lagi. Kenyataan bahwa dia ikut membawa dua gelar Divisi Primera dan Liga Champions, tak membuat Guardiola luluh. Bahkan, produktivitasnya mencetak 70 gol dari 145 penampilan bersama Barcelona, juga tak membuat Guardiola mempertimbangkannya.

Sebab itu, Ronaldinho selalu menyatakan ingin pindah. Hubungan Milan dengan Ronaldinho sebenarnya sudah dibina sejak musim lalu, ketika Milan mengundang kakak dan agennya, Roberto de Assis makan siang di Milan.

Sementara, Milan memang sangat membutuhkan Ronaldinho. Apalagi, musim lalu Milan tampil buruk dan gagal meraih trofi. Pelatih Carlo Ancelotti sendiri sudah memiliki skenario buat Ronaldinho dalam skema permainan Milan di musim 2008-09. Dia ingin menggabungkan Kaka, Ronaldinho, dan Alexander Pato.

"Kami akan bermain dengan formasi 4-3-2-1. Itu sebuah model yang bekerja dengan baik dan memuaskan kami. Itu menjadi trade mark kami. Tahun ini kami masih akan begitu. Tujuan kami adalah memenangkan berbagai trofi dengan sepakbola indah," kata Ancelotti.

"Gagal tampil di Liga Champions memang sangat berat. Maka, kami akan berusaha kembali ke kompetisi itu secepat mungkin," tambahnya. (AP/HPR)

Bintang baru Milan, Ronaldinho, akhirnya punya nomor di klub barunya tersebut. Memang sedikit tidak lazim karena Ronaldinho memilih angka 80.

http://bola.kompas.com/read/xml/2008/07/16/07580929/ronaldinho.resmi.milik.milan

No comments: