Tuesday, April 7, 2009

Perbedaan Selang Rem Karet dengan Bejana Pada Motor


Selang rem hingga saat ini yang beredar dipasaran ada 2 jenis, berbahan karet olahan dan bejana (brided brake hose). Bawaan pabrik, selang rem terbuat dari karet oalahan, yang ini kurang safe yang doyan touring atau pengendara yang setiap harinya beraktifitas menempuh perjalanan jauh. Sebab tanpa disadari selang berbahan karet olahan masih memiliki dampak negatif, buat kenyamanan dan keselamatan. Berikut perbedaan selang rem bejana dan karet
Kelebihan
Selang rem berbahan karet olahan :
- Elastis, sehingga mudah diatur sesuai dengan keinginan pengendara dan tampilan motor.
- Cocok buat keperluan modifikasi yang membutuhkan kerapian selang rem.
- Harganya lebih murah

Selang rem berbahan bejana :
- Selang rem anti melembung, disaat kaliper trouble atau masuk angin
- Cocok diaplikasi buat kaliper 4 piston
- Menunjang untuk keperluan kompetisi, sifat tekanan dari master lebih spontan. Dan tekanannya sesuai dengan porsi tekanan master rem.
- Fisiknya lebih kecil.

Kekurangan
Selang rem berbahan karet olahan :
- Kadang melembung, ketika kaliper bermasalah dampak dari macetnya piston keliper.
- Kondisi seperti itu kadang membuat slang rem pecah, ketika trouble dari pemakaian trs dipaksa.
- Slang rem mengembang, saat kondisi perjalanan luar kota, dimana ritme pengereman depan dilakukan berulang-ulang dan memicu minyak rem panas.

Selang rem berbahan bejana :
- Mahal sebab bahannya lebih bagus
- Susah untuk diatur sehingga terkesan norak
- Ukuran panjangnya mesti tepat dan sesuai dengan toleransi panjang travel sok depan.

No comments: