Tuesday, January 6, 2015

7T Dalam Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah

1. Taqwa
Pastinya keluarga kalau tanpa didasari landasan agama yang kuat yang akan mudah goyang, bahtera rumah tangga terutama suami yang harus bisa membimbing istri, karena suami itu layaknya nahkoda dalam bahtera rumah tangga, dia selaku imam harus bisa memimpin sang istri.

2. Tafahhum atau saling memahami
Saling memahami satu sama lainya. tidak egois, kalau suami capek habis kerja, istri juga harus tahu apa yang harus di kerjakan. Kalau kosmetiknya istri habis suami kudu ngerti pula harus gimana? Suami pengen ehm ----- tapi istri berhalangan, ya gak boleh marah, dst. Kalau gitu makan kehidupan bisa akan rukun dan tidak ada pertengkaran.

3. Ta'arruf atau saling mengenali
Seorang suami musti dan harus mengetahui semua tentang sang istri, sang istri pun sebaliknya, harus mengerti apa sih kesukaannya istri, apa sih kesukaannya suami? apa yang gak disuka, bagaimana kebiasaan keduanya dsb. Kalau bisa saling mengenal dan mengerti kekurangan satu dan lainya isyaAllah akan langgeng.

4. Tabassum atau senyum
Senyum adalah hal yang kecil mempunyai dampak yang besar, beda rasanya ketika seorang istri itu memberikan sesuatu ke suaminya secara biasa saja dengan disertai dengan senyuman. ketika si istri ngasih kopi ke suaminya, "mas ini kopinya ! (sambil senyum)" pasti senengnya bukan kepalang sambil bilang dihati "alhamdulillah punya istri sebaik ini". Keep smile.. apalagi pas ngomong bilangnya pake bahasa halus. Adem dengernya..

5. Takarrum atau saling menghormati
Akhlak adalah hal yang paling penting dalam berperilaku termasuk dalam berkeluarga, termasuk didalammnya saling menghormati, istri menghormati suami sebagai pemimpin dan imam dalam hidupnya, suami menghormati istri sebagai pendamping hidupnya dikala suka ataupun duka.

6. Tasammuh atau toleransi
Dalam kehidupan pasti ada perbedaan, termasuk dalam berkeluarga, antara suami dengan istri ataupun antara keluarga suami dan keluarga istri. dan sikap toleransi. apalagi pada masalah yang krusial seperti gara-gara perbedaan organisasi keagamaan. misal antara si hijau dan biru atau lainya. makanya saling toleransi itu penting.

7. Tala' 'ub atau saling bersenda gurau
Adanya canda dan tawa dalam kehidupan berumah tangga lazim selalu dilakukan. Tak baik kalau dalam berkeluarga adanya serius mulu, harus diselingi dengan canda dan tawa. saling bergurau, bercengkerama, tanpa itu semua rumah mungkin akan sepi sekali dan tak ada gairah.
Smoga bermanfaat

No comments: